banner

Tutorial Instalasi WordPress Lengkap

Cara Memasang WordPress menggunakan QuickInstall

    QuickInstall adalah installer auto populer lainnya yang digunakan oleh banyak perusahaan hosting seperti HostGator dan lainnya. Kami akan menggunakan dasbor cPanel HostGator di tangkapan layar di sini, tapi tidak akan jauh berbeda jika Anda menggunakan host lain yang memiliki QuickInstall.

Pertama, Anda perlu masuk ke dasbor cPanel akun hosting Anda. Gulir ke bawah ke bagian Perangkat Lunak dan Layanan lalu klik ikon QuickInstall.

Ini akan membawa Anda ke halaman Installers 1-Klik di QuickInstall. Anda akan melihat bahwa ia menawarkan instalasi untuk aplikasi web yang paling populer termasuk WordPress. Anda perlu mengklik WordPress untuk meluncurkan installer WordPress.

Ini akan membawa Anda ke installer WordPress di mana Anda akan melihat ikhtisar perangkat lunak. Cukup klik tombol 'Install WordPress' untuk melanjutkan.
Ini akan membawa Anda ke setup pengaturan instalasi WordPress Anda.
Pertama anda perlu memilih nama domain. Jika Anda ingin menginstal WordPress di sub-directory seperti example.com/blog maka Anda perlu memasukkan blog di bidang install path. Biarkan kosong jika Anda ingin menginstal WordPress di direktori root, seperti example.com.

Anda perlu memberikan judul untuk situs Anda, ini bisa jadi apa saja dan Anda dapat selalu mengubahnya nanti. Selanjutnya, Anda perlu memberikan nama pengguna, kata sandi, dan alamat email untuk akun admin. Anda juga harus memasukkan nama depan dan belakang untuk pengguna admin.
Setelah Anda puas dengan pengaturannya, klik tombol Install WordPress untuk memulai penginstalan.
QuickInstall sekarang akan menginstal WordPress untuk Anda. Anda akan melihat progress bar dan kemudian pesan sukses saat selesai.
Klik pada ikon drop down di sebelah melihat tombol kredensial dalam pesan sukses. Menu lompatan akan muncul dengan kredensial masuk dan tautan ke area admin situs WordPress yang baru Anda instal.

Cara Memasang WordPress dengan Fantastico
Fantastico adalah skrip installer auto umum yang digunakan oleh beberapa penyedia hosting WordPress. Hal ini mirip dengan script installer lainnya dalam daftar, dan menawarkan cara mudah untuk menginstal WordPress dengan cepat.
Pertama anda perlu login ke dashboard cPanel anda. Gulir ke bawah ke bagian perangkat lunak dan layanan, dan di sana Anda akan menemukan ikon Fantastico.
Mengeklik ikon Fantastico akan meluncurkan skrip auto-installer.
Beberapa penyedia hosting masih menggunakan versi Fantastico yang lebih lama. Dalam tutorial ini kami akan menampilkan screenshot dari versi Fantastico F3. Jika Fantastico di host Anda terlihat berbeda, maka jangan khawatir. Langkah penginstalan dasar sama, dan Anda harus bisa mudah mengikuti mereka.
Pada layar Fantastico utama Anda akan melihat daftar aplikasi web di sebelah kiri Anda. Anda perlu mengklik Blog, dan di sana Anda akan menemukan WordPress terdaftar di antara banyak aplikasi lainnya.
Mengklik WordPress akan menunjukkan ikhtisar aplikasi dengan tombol Install.

Cukup klik tombol 'Klik di sini untuk menginstal WordPress' untuk melanjutkan.
Fantastico auto-installer untuk WordPress sekarang akan meminta Anda untuk mengisi pengaturan instalasi Anda. Pertama anda perlu memilih domain dimana anda ingin menginstall WordPress.
Jika Anda ingin menginstal WordPress di sub-direktori maka Anda bisa memasukkan nama sub-direktori di kolom di bawah ini. Jika tidak, pastikan bidang ini kosong.
Di bawah bagian Rincian Administrator, Anda perlu memberikan informasi akun pengguna admin. Masukkan nama pengguna, kata sandi, dan alamat email untuk akun admin WordPress Anda.
Klik tombol Submit untuk melanjutkan.
Fantastico sekarang akan menginstal WordPress untuk Anda. Anda akan bisa melihat kemajuan instalasi. Setelah selesai menginstal WordPress Anda akan melihat pesan sukses.

Cara Memasang WordPress menggunakan FTP

Instalasi WordPress secara manual juga dikenal sebagai instalasi 5 menit yang terkenal. Namun, instalasi manual memiliki beberapa langkah tambahan, dan Anda memerlukan klien FTP untuk itu. Lihat panduan pemula kami tentang cara menggunakan FTP untuk mengupload file WordPress .
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload versi terbaru WordPress . Unzip file tersebut, dan gunakan perangkat lunak FTP untuk mengupload file ke dalam direktori host web pilihan Anda.
Jika Anda ingin menginstal WordPress di nama domain root Anda (seperti example.com), maka Anda perlu mengunggah file WordPress ke direktori akar situs Anda. Biasanya direktori ini disebut / public_html /.
Di sisi lain, Jika Anda ingin menginstal WordPress di subfolder (seperti example.com/blog), maka upload di folder / public_html / blog /.
Setelah selesai mengupload WordPress, masuk ke panel kontrol hosting Anda untuk membuat database. Kami menggunakan web hosting cPanel, jadi tangkapan layar kami dari cPanel. Di cPanel Anda, temukan ikon seperti ini:
Anda akan melihat field untuk membuat database baru. Masukkan nama database anda, dan klik "Create Database".
Sekarang setelah anda membuat database anda, MySQL tetap membutuhkan username. Nama pengguna ini akan memiliki akses untuk melakukan tindakan pada database.
Pada halaman Database MySQL di akun cPanel Anda, gulir ke bawah ke bagian Pengguna MySQL. Cukup berikan nama pengguna dan kata sandi untuk pengguna baru Anda dan klik tombol 'Buat pengguna'.
Pengguna baru ini masih belum memiliki akses ke database yang Anda buat tadi. Untuk itu Anda perlu menambahkan pengguna ke database dan memberi mereka izin untuk melakukan semua tindakan.
Pada halaman Database MySQL yang sama di akun cPanel Anda, gulir ke bawah ke bagian 'Tambahkan Pengguna ke Database'. Pilih user database yang anda buat dari menu dropdown di sebelah user, lalu pilih database, dan klik tombol add.
Anda sekarang akan meminta hak istimewa yang Anda inginkan untuk mengizinkan pengguna ini. Pilih semua hak istimewa dan klik pada tombol Make changes.
Database dan pengguna MySQL Anda sekarang sudah siap, dan sekarang saatnya menjalankan instalasi WordPress.
Cukup masuk ke URL tempat Anda mengunggah WordPress. Jika berada di domain utama, maka masukkan nama domain Anda di jendela browser, seperti yoursite.com atau www.yoursite.com.
Anda akan melihat halaman pilihan bahasa. Anda dapat memilih bahasa di sini sehingga sisa penginstalan ditampilkan dalam bahasa Anda sendiri. Anda juga bisa menggunakan bahasa Inggris untuk saat ini dan kemudian mengubah bahasa.
Klik tombol lanjut untuk melanjutkan.
Sekarang Anda akan melihat beberapa petunjuk instalasi. Pada dasarnya WordPress sekarang akan memberi tahu Anda bahwa Anda memerlukan nama database, kata sandi, dan informasi host mysql Anda.
Klik tombol 'Ayo pergi' untuk melanjutkan.
WordPress sekarang akan menunjukkan sebuah formulirAnda perlu memasukkan nama database yang Anda buat tadi.
Isi informasi lalu klik tombol kirim. WordPress sekarang akan terhubung ke database Anda dan akan menunjukkan pesan sukses kepada Anda.
Klik tombol 'Run the Install' untuk melanjutkan.
WordPress sekarang akan membuat tabel di database Anda dan kemudian mengirim Anda ke langkah instalasi berikutnya.
Sekarang Anda perlu memberikan beberapa informasi untuk WordPress untuk setup situs Anda. Ini termasuk judul situs, nama pengguna, kata sandi, dan alamat email admin.
Jika Anda tidak ingin situs Anda terlihat oleh mesin telusur, Anda dapat mencentang kotak di samping visibilitas mesin telusur. Nanti kalau sudah siap kamu bisa ganti ini dari setting WordPress. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, maka biarkan saja tidak dicentang.

Klik tombol Install WordPress untuk melanjutkan. WordPress akan mengatur situs Anda dan menyelesaikan instalasi.
Anda akan melihat pesan sukses yang menunjukkan nama pengguna Anda. Sekarang Anda bisa mengklik tombol Log in untuk masuk ke situs WordPress Anda. 
Selesai selamat mencoba


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Instalasi WordPress Lengkap"

Post a Comment