banner

Keamanan Jaringan Wi-Fi



Nim          : 141420195
Nama        : Wahyu Kurniawan
Prodi         : Teknik Informatika
Universitas : Bina Darma
Nama Dosen : Suryayusra, M.Kom

Komunikasi Wireless
   Komunikasi Wireless adalah transfer informasi jarak jauh tanpa menggunakan konduktor listrik ditingkatkan atau “kawat” Jarak yang terlibat mungkin pendek. Beberapa meter seperti di televisi remote control atau panjang ribuan atau jutaan kilometer untuk radio komunikasi. Ketika konteksnya jelas, istilah ini sering disingkat menjadi “nirkabel”. Wireless komunikasi umumnya dianggap sebagai cabang telekomunikasi. Ini mencakup berbagai jenis radio dua arah tetap, mobile, dan portabel, telepon selular, asisten pribadi digital (PDA), dan jaringan nirkabel. Contoh lain dari teknologi nirkabel termasuk unit GPS, pembuka pintu garasi dan atau pintu garasi, tikus komputer nirkabel, keyboard dan headset, televisi satelit dan telepon tanpa kabel.

Keamanan Wireless
    Menurut Ri2M (2010) Keamanan jaringan dapat digambarkan secara umum yaitu apabila komputer yang terhubung dengan jaringan yang lebih banyak mempunyai ancaman keamanan dari pada komputer yang tidak terhubung ke mana – mana. Namun dengan adanya pengendalian maka resiko yang tidak diinginkan dapat dikurangi. Adanya keamanan jaringan maka para pemakai berharap bahwa pesan yang dikirim dapat sampai dengan baik ke tempat yang dituju tanpa mengalami adanya keacatan yang diterima oleh si penerima, misalnya saja adanya perubahan pesan. Biasanya jaringan yang aksesnya semakin mudah, maka keamanan jaringanya semakin rawan, namun apabila keamanan jaringan semakin baik maka pengaksesan jaringan juga semakin tidak nyaman.
 

WEP (Wired Equivalent Privacy)
    WEP(Wired Equivalent Privacy) ialah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel atau wireless.WEP merupakan standart keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan oleh wireless.Enkripsi WEP menggunakankunci yang dimasukkan oleh administrator ke client maupun access point, kunci tersebut harus cocokdari yang diberikan access point ke client, dengan yang di masukkan client untuk authentikasi menuju access point.
   Cara memberikan password pada WEP terdiridari 64 bit dan 128 bit dengan menggunakan format karakter Hexxadecimal dan ASCII.
Jumlah karakter yang diberikan pada WEP:
-64 bit Hexadecimal terdiri dari 8 karakter ( angka 0-9 dan huruf A-F)
-64 bit ASCII  terdiri dari 5 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard)
-128 bit Hexadecimal terdiri dari 16 karakter (angka 0-9 danhuruf A-F)
-128 bit ASCII terdiri dari 10 karakter (seluruh karakter yang ada di keyboard)
   WEP dianggap mudah ditembus dengan metode sederhana sehingga perlu adanya enkripsi yang lebih kuat.
WEP adalah security untuk wireless yang agak lama. Jenis security ini mudah untuk dicrack atau di sadap orang luar . WEP menggunakan 64bit dan 128bit. Ada dua cara untuk memasukkan WEP key, sama ada anda setkan sendiri atau generate menggunakan passphrase. Passphrase akan generate automatic WEP key untuk anda bila anda masukkan abjad dan tekan generate. Untuk pengatahuan anda, ia hanya boleh memasukkan 0-9 dan A-F(hexadecimal). Kepanjangan key bergantung jenis securiy anda, jika 64bit, anda kene masukkan 10key, dan untuk 128key anda kena masukkan 26key.  Tak boleh kurang dan lebih.

Komunikasi WPA 
    WPA adalah security yang lebih update dari WEP. WPA-PSK mempunyai decryption yang ada pada WEP. Wpa adalah model kompatible dengan spesifikasi standar draf IEEE 802.11i. Adanya WPA yang menggantikan WEP mungkin membuat pengguna wireless sedikit lebih tenang karena mempunyai mekanisme enkripsi yang lebih kuat dari pada WEP. Mungkin saat ini sudah ada yang mampu memecahkan enkripsi WPA, tetapi mungkin memerlukan waktu yang lama untuk memecahkan enkripsi tersebut. Namun bukan tidak mungkin seiring berkembangnya ilmu dan teknologi suatu saat WPA akan dengan mudah di pecahkan dalam waktu yang lebih cepat.
.   Panjang key adalah 8-63, anda boleh memasukkan sama ada 64 hexadecimal atau ASCII(seperti biasa).

Komunikasi RADIUS 802.1x
   Standard IEEE 802.11 adalah satu unit protokol yang menetapkan saluran komunikasi berbasis Ethernet. Spektrum radio yang digunakan protokol ini adalah bekerja pada frekuensi yang digunakan untuk saluran jaringan tanpa kawat (wireless). Sejak pemanfaatan radio untuk jaringan komputer wireless, penyadapan dapat saja dilakukan setiap orang dengan menggunakan suatu alat penerima, dan setiap orang dapat pula masuk kepada saluran (channel) spektrum pemancar tersebut. Dengan demikian diperlukan membangun protokol keamanan pada jaringan tersebut. Setelah itu apa maksud dari Istilah 802.11a/b/g yang biasanya terdapat pada fasilitas wifi di notebook dan peralatan wireless? Kita akan membahasnya dibawah.

    Semua pengguna jaringan wireless harus melakukan proses otentikasi terlebih dahulu sebelum dapat bergabung dalam jaringan. Sistem otentikasinya dapat dilakukan dengan banyak cara, namun sistem otentikasi menggunakan pertukaran key secara dinamik. Sistem pertukaran key secara dinamik ini dapat dibuat dengan menggunakan Extensible Authentication Protocol (EAP). Sistem EAP ini sudah cukup banyak terdapat di dalam implementasi fasilitas-fasilitas di RADIUS.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keamanan Jaringan Wi-Fi"

Post a Comment