banner

Tips memulai blog wordpress agar sukses


Apakah Anda ingin memulai blog WordPress dengan cara yang benar? Kita tahu bahwa memulai sebuah blog bisa menjadi pemikiran yang mengerikan khususnya saat Anda tidak culik. Coba tebak - Anda tidak sendiri. Setelah membantu lebih dari 130.000 pengguna memulai sebuah blog, kami telah memutuskan untuk membuat panduan paling komprehensif tentang bagaimana memulai blog WordPress tanpa pengetahuan teknis.
Cara Memulai Blog WordPress

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai blog WordPress?

Ada tiga hal yang Anda butuhkan untuk memulai blog WordPress:
  1. Ide nama domain (ini akan menjadi nama blog Anda yaitu wpbeginner.com)
  2. Akun web hosting (di sinilah situs Anda tinggal di internet)
  3. Perhatian terbagi Anda selama 30 menit.
Ya, Anda membacanya dengan benar. Anda bisa memulai sebuah blog dari nol dalam waktu kurang dari 30 menit, dan kami akan memandu Anda melalui keseluruhan proses, selangkah demi selangkah.
Dalam tutorial ini, kita akan membahas:
  • Cara Daftar Nama Domain Gratis
  • Cara Memilih Web Hosting Terbaik
  • Cara Memasang WordPress
  • Bagaimana Mengubah Tema Anda
  • Cara Menulis Posting Blog Pertama Anda
  • Cara Menyesuaikan WordPress dengan Plugin
  • Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Anda
  • Sumber Daya untuk Belajar dan MasterWordPress

Siap? Mari kita mulai.

Langkah 1. Setup

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemula saat memulai blog adalah memilih platform blogging yang salah. Syukurlah kamu di sini, jadi kamu tidak akan membuat kesalahan itu.
Untuk 95% pengguna, masuk akal untuk menggunakan WordPress.org juga dikenal sebagai self-hosted WordPress. Mengapa? Karena gratis untuk digunakan, Anda dapat menginstal plugin, menyesuaikan desain situs Anda, dan yang terpenting menghasilkan uang dari situs Anda tanpa batasan (lihat perbedaan antara WordPress.com vs WordPress.org ).
Sekarang Anda mungkin pernah mendengar bahwa WordPress gratis .
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa gratis? Apa tangkapannya?
Tidak ada tangkapan. Ini gratis karena Anda harus melakukan setup dan host sendiri.
Dengan kata lain, Anda memerlukan nama domain dan web hosting .
Sebuah nama domain adalah apa yang orang ketik untuk sampai ke situs web Anda. Ini alamat website anda di internet. Pikirkan google.com 
Web hosting adalah tempat tinggal situs web Anda. Ini adalah rumah situs Anda di internet. Setiap website membutuhkan web hosting .
Nama domain biasanya berharga $ 14,99 / tahun, dan web hosting biasanya berharga $ 7,99 / bulan.
Itu banyak untuk pemula yang baru memulai.
Syukurlah, Bluehost , penyedia hosting resmi WordPress yang direkomendasikan, telah setuju untuk menawarkan pengguna nama domain gratis dan lebih dari 60%di web hosting.
Bluehost adalah salah satu perusahaan hosting web tertua, dimulai pada tahun 1996 (sebelum Google). Mereka juga merupakan nama merek terbesar ketika datang ke hosting WordPress karena mereka menjosting jutaan situs web termasuk situs kita sendiri.
Di atas semua ini, Bluehost telah bekerja dengan WordPress sejak tahun 2005, dan mereka berkomitmen untuk memberikan kembali. Itu sebabnya mereka telah berjanji kepada kami bahwa jika Anda tidak dapat membuat blog Anda online dalam waktu 30 menit dengan mengikuti tutorial ini, tim ahli kami akan menyelesaikan prosesnya untuk Anda tanpa biaya apapun. Mereka akan memberi kompensasi kepada kami, jadi Anda tidak perlu melakukannya. Hubungi kami untuk bantuan setup blog gratis.
CATATAN: Di WPBeginner kami percaya pada transparansi. Jika Anda mendaftar dengan Bluehost menggunakan link referral kami, kami akan mendapatkan komisi kecil tanpa biaya tambahan untuk Anda (sebenarnya, Anda akan menghemat uang dan mendapatkan domain gratis). Kami akan mendapatkan komisi ini untuk merekomendasikan hampir semua perusahaan hosting WordPress , namun kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan secara pribadi dan percaya akan memberi nilai tambah bagi pembaca kami.
Ayo maju dan beli domain + hosting Anda.
Buka Bluehost di jendela baru dan ikuti.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah klik tombol Start Now Now hijau untuk memulai.
Mulailah dengan Bluehost
Pada layar berikutnya, pilih rencana yang Anda butuhkan (dasar dan plus yang paling populer).
Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nama domain untuk website Anda.
Pilih Nama Domain Anda
Terakhir, Anda perlu menambahkan informasi akun Anda dan menyelesaikan info paket untuk menyelesaikan prosesnya. Kami merekomendasikan pergi dengan rencana 36 bulan karena itu nilai terbaik.
Di layar ini, Anda akan melihat tambahan opsional yang dapat Anda beli. Ini sepenuhnya tergantung pada Anda apakah Anda membelinya atau tidak, tapi biasanya kami tidak merekomendasikan untuk membelinya segera. Anda selalu dapat menambahkannya nanti, jika Anda memutuskan bahwa Anda memerlukannya.
Hosting Checkout untuk Memulai Blog
Setelah selesai, Anda akan menerima email dengan rincian bagaimana cara login ke panel kontrol hosting web Anda (cPanel). Di sinilah Anda mengelola segalanya dari dukungan, email, antara lain. Tapi yang terpenting, ini adalah tempat anda menginstal WordPress.

Langkah 2. Install WordPress

Di cPanel, Anda akan melihat puluhan ikon kecil untuk berbagai layanan dan fitur. Ini bisa sedikit berlebihan, jadi abaikan 95% dari mereka karena Anda tidak perlu menggunakannya.
Gulir ke bawah ke bagian situs web dan klik di ikon WordPress.
cPanel Install WordPress
Anda akan diarahkan ke Bluehost Marketplace Cepat layar Instal untuk WordPress. Klik pada tombol Get Started.
Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih nama domain Anda. Pilih domain dari dropdown lalu klik Next.
Masukkan Nama Domain Anda - WordPress Setup
Setelah itu, Anda perlu memasukkan Nama Situs, nama pengguna, dan kata sandi untuk situs Anda. Anda juga perlu memeriksa semua kotak centang lalu klik Install.
Pasang WordPress - Bluehost Marketplace
QuickInstall akan mulai menginstal WordPress. Pasar akan meminta Anda untuk melihat-lihat tema WordPress, sementara WordPress sedang diinstal.
Tidak perlu melakukannya sekarang juga. Kami akan menunjukkan cara untuk mendapatkan tema WordPress gratis di langkah berikutnya.
Setelah WordPress selesai menginstal, Anda akan melihat pemberitahuan keberhasilan di bar header atas.
Install WordPress Bluehost Lengkap
Klik pada link Installation Complete, dan akan membawa Anda ke layar dengan URL dan kata kunci login WordPress Anda.
Bluehost Marketplace - rincian login WordPress
Selamat, Anda telah membuat situs WordPress Anda. Itu tidak terlalu buruk benar.
URL login WordPress Anda akan terlihat seperti ini:
http://yoursite.com/wp-admin
Klik pada link login WordPress untuk login ke dashboard Anda.
Sekarang kita siap untuk menyesuaikan penampilan situs Anda dan mulai blogging.

Langkah 3. Memilih Theme WordPress Anda

Tampilan visual blog WordPress Anda dikendalikan oleh tema. Saat pertama kali mengunjungi blog Anda, akan terlihat seperti ini:
Default WordPress Theme
Ini tidak terlalu menarik bagi kebanyakan orang.
Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog Anda adalah salah satu bagian yang paling menarik dan bermanfaat dalam perjalanan menciptakan situs WordPress Anda.
Ada ribuan tema WordPress pra-dibuat yang dapat Anda pasang di situs Anda. Beberapa dari mereka bebas, sementara yang lain dibayar.
Anda dapat mengubah tema Anda dengan membuka dashboard WordPress Anda dan mengklik Appearance »Themes .
Pasang Tema WordPress
Silakan klik tombol Add New.
Pada layar berikutnya, Anda dapat mencari dari 4100 tema WordPress gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.org resmi. Anda dapat mengurutkan menurut filter populer, terbaru, unggulan, serta fitur lainnya (misalnya industri, tata letak, dll.).
Pilih Tema
Bila Anda telah menemukan tema yang Anda sukai, bawalah mouse Anda ke dalamnya, dan ini akan menunjukkan tombol Install. Klik di atasnya dan tunggu tema yang akan diinstal. Setelah itu, tombol install akan diganti dengan tombol Activate. Anda perlu mengekliknya untuk Aktifkan tema.
Instal dan Aktifkan Theme WordPress
Setelah Anda menginstal tema Anda, Anda dapat menyesuaikannya dengan mengklik link Customize di bawah menu Appearance.
Jika Anda memerlukan bantuan untuk memilih tema, lihat panduan kami di 9 hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih tema WordPress yang sempurna .
Setelah Anda memilih tema WordPress Anda, Anda sekarang siap untuk membuat posting blog pertama Anda.

Langkah 4. Membuat Posting Blog Pertama Anda

Untuk menulis posting blog pertama Anda, klik pada Posts »Add New menu di dashboard WordPress Anda.
Anda akan melihat area editor tempat Anda bisa menulis posting blog pertama Anda.
WordPress Blog Post Editor
Setelah selesai menulis, lanjutkan dan klik tombol Publikasikan di sebelah kanan untuk menerbitkan posting blog pertama Anda ke seluruh dunia.
Publikasikan Tombol
Pada layar posting, Anda akan melihat beberapa bagian lain seperti Kategori dan Tag. Anda bisa menggunakan ini untuk mengatur posting blog Anda. Kami memiliki naskah bagus tentang perbedaan antara kategori vs tag , yang sangat kami sarankan agar Anda baca.
Untuk memanfaatkan semua fitur pada layar posting, Anda harus membaca artikel kami tentang cara menambahkan posting baru di WordPress (termasuk video) .
Seringkali pemula bingung antara menu posting dan halaman di dashboard WordPress. Itu sebabnya kami telah menulis panduan lengkap tentang perbedaan antara posting vs halaman di WordPress .

Langkah 5. Plugin & Kustomisasi

Begitu Anda telah menulis posting blog pertama Anda, Anda mungkin ingin memulai dengan menambahkan elemen biasa lainnya di situs Anda seperti formulir kontak, tentang halaman, dan banyak lagi.
Untuk lebih menyesuaikan WordPress dan menambahkan fitur seperti formulir kontak, galeri, slider, dll, Anda perlu menggunakan plugin WordPress.
Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke situs web Anda.
Ada lebih dari 46.000 plugin WordPress tersedia. Di WPBeginner, kami menampilkan plugin WordPress terbaik untuk membantu Anda menambahkan fungsionalitas yang Anda butuhkan.

Langkah 6. Menghasilkan Uang Dari Blog Anda

Sekarang setelah Anda membuat blog Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan keinginan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari blog saya?
Sebenarnya ada beberapa cara yang berbeda untuk berhasil memonetisasi blog Anda, namun tidak ada yang namanya skema cepat kaya. Sebagian besar adalah penipuan.
Jangan terkecoh dengan gambar mobil dan rumah mewah karena semuanya palsu.
Tidak seperti artikel "make money online" lainnya, kami telah menciptakan panduan paling komprehensif tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog Anda menggunakan WordPress.
Make Money Online Blogging dengan WordPress
Itulah panduan kata 4000+ yang setiap orang yang memulai sebuah blog dan ingin menghasilkan uang darinya perlu dibaca. Kami telah membagikan 14 + tahun kearifan online kami dalam panduan utama itu.
Selama Anda bersedia untuk dimasukkan ke dalam kerja keras dan usaha, Anda akan menuai pahala. Ingat, tidak ada jalan pintas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips memulai blog wordpress agar sukses"

Post a Comment