banner

Pengenalan Perangkat yang ada di Motherboard

Motherboard atau mainboard atau sering sekali kita sebut dengan papan induk adalah sebuah papan induk yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk memasang perangkat keras komputer lainnya, seperti VGA Card, RAM, soundcard, maupun komponen komputer lainnya. Motherboard merupakan komponen yang paling penting yang harus ada pada komputer, karena motherboard bisa dikatakan sebagai tempat terhubungnya semua perangkat keras komputer yang ada. 

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan Motherboard dan Fungsinya. Banyak orang yang masih belum mengetahui apa itu motherboard dan berperan sebagai apa dalam komputer. Untuk itu, kali ini saya akan mejelaskan komponen-komponen motherboard beserta fungsinya. Berikut ulasannya. 


Slot Processor atau Socket Processor
Dari namanya saja tentu kita sudah tau kegunaanya komponen ini. komponen ini berfungsi sebagai tempat processor terpasang. Jika dilihat dengan baik, slot processor ini dikelilingi oleh 4 lubang yang berfungsi sebagai penyangga heatsink fan, karena ketika sedang bekerja processor membutuhkan penghantar panas.


 

Slot Memory
Sama halnya seperti komponen sebelumnya, hanya saja komponen Slot Memory berfungsi sebagai tempat Memory atau RAM terpasang dengan baik. RAM memiliki jenis seperti SD RAM, DDR 2 dan DDR 3. Hal yang harus diingat ketika anda membeli RAM harus sesuai dengan Slot Memory yang motherboard anda miliki.

 


Slot IDE dan Slot SATA
Merupakan 2 slot yang berbeda bentuk, akan tetapi memiliki fungsi yang sama. Yaitu berfungsi sebagai penghubung Harddisk atau CD ROM yang anda miliki ke motherboard. Perbedaan Slot IDE dengan Slot SATAadalah jika slot IDE berbentuk agak memanjang sedangkan Slot SATA berbentuk relatif kecil.  


 


Slot IDE biasanya terdapat pada motherboard keluaran lama, dan Slot SATA terdapat pada motherboard keluaran terbaru. Tapi tidak selamanya begitu, hingga kini masih ada motherboard yang menggunakan Slot IDE. Akan tetapi saran saya jika anda ingin membeli motherboard, usahakan pilih motherboard dengan Slot SATA agar kinerja komputer lebih baru.

  
Slot AGP dan Slot PCI Express
Memiliki kegunaan yang sama akan tetapi berbeda genarasi. Kedua slot ini merupakan tempat VGA Card atau Graphic Card terpasang. Slot AGP merupakan jenis lama, sedangkan Slot PCI merupakan jenis terbaru yang banyak digunakan oleh motherboard sekarang. 

 
BIOS
Basic Input Output System adalah sebuah chip yang memiliki fungsi sebagai pengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer anda. BIOS memiliki tanggung jawab atas kesiapan komputer melakukan booting dengan mengecek semua keadaan hardware yang terpasang pada komputer anda.
Battery CMOS
Battery adalah sebuah battery berukuran kecil yang digunakan untuk memberi daya pada BIOS dan menyimpan semua pengaturan yang ada dalam BIOS. Jika dilihat baik-baik bentuknya sepeti battery jam tangan akan tetapi lebih besar. 

Power Connector 
Memiliki fungsi sebagai penghubung antara motherboard dan power supply agar motherboard anda memiliki daya listrik. Biasanya pada motherboard, power connector berjumlah 20-24 pin. 


I/O Ports 
Merupakan komponen yang berada diluar casing motherboard. Adalah kumpulan port sebagai input maupun output data komputer. Biasanya terdiri dari USB, VGA, LAN, SERIAL, dan lain lain.
Front Panel 
Berbentuk seperti jarum-jarum, berguna untuk memasang tombol power, restart, LED power, dan LED Harddisk. Untuk memasang kabel-kabel yang berukuran kecil, biasanya kita dibantu dengan bacaan yang terdapat pin front panel pada setiap motherboard.

Demikian artikel tentang perangkat yang ada di motherboard. Semoga artikel diatas dapat membantu dan menambah wawasan untuk sahabat blogger

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengenalan Perangkat yang ada di Motherboard"

Post a Comment